Beranda Headline Hilal 1 Syawal 1440 Hijriah Tak Bisa Dilihat Tim Lajnah Falakiyah Rukyatul...

Hilal 1 Syawal 1440 Hijriah Tak Bisa Dilihat Tim Lajnah Falakiyah Rukyatul Hilal Gresik

10
0
SIAGAINDONESIA.COM Pemantauan bulan (hilal) di Bukit Condrodipo Kembangan Kebomas, Kabupaten Gresik, Senin (3/5/2019). Dilakukan Tim Lajnah Falakiyah Rukyatul Hilal Nahdatul Ulama (NU) setempat. Untuk memastikan Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1440 Hijriah.
 
Tim yang terdiri dari ahli Falakiyah dan Hisab, Ulama, Ormas Islam, perwakilan mahasiswa serta perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Melaksanakan pantauan bulan (hilal), sejak sekitar pukul 17.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB.
 
Seketaris Tim Lajnah Falakiyah Rukyatul Hilal NU Gresik Muhyidin, mengatakan bahwa seluruh orang yang terlibat dalam tim pemantauan tersebut. Tidak ada satupun, yang berhasil melihat penampakan bulan (hilal). Karena, posisi hilal rendah dibawah ufuk.
 
“Dengan tidak terlihatnya hilal, maka dipastikan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1440 Hijriah akan jatuh pada Rabu (5/6) mendatang. Sehingga, bulan Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari atau hingga Selasa (4/6) besok,” katanya.
 
“Hasil pantauan tim ini, juga kita teruskan ke Kementerian Agama RI. Untuk dijadikan sebagai rekomendasi, dalam sidang Isbat yang menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah,” ujarnya.
 
“Sesuai hasil pantauan tim, ketinggian hilal pada hari Senin saat ini antara -1″15’25” sampai -0″ 34’39. Artinya, ketinggian hilal negatif atau berada dibawah ufuk,” tegasnya. Zer