Beranda aneka Jamaah Tarekat Satariyah Ngawi Besok Rayakan 1 Syawal 1440 H

Jamaah Tarekat Satariyah Ngawi Besok Rayakan 1 Syawal 1440 H

68
0

SIAGAINDONESIA.COM Seperti tahun sebelumnya Jamaah Tarekat Satariyah atau yang biasa dikenal Islam aliran Alif Rebo Wage (Aboge) di wilayah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur baru merayakan Hari Raya Idhul Fitri satu hari dari khalayak umumnya. Dan untuk tahun ini dipastikan akan dirayakan 1 Syawal 1440 H Kamis besok, (06/06/2019).
 
Seperti di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Ngawi sebagian masyarakatnya yang menganut aliran Islam Aboge saat ini belum merayakan lebaran. Alasanya tradisi tersebut sudah dilakukan turun temurun.
 
“Ya baru besok kita merayakan lebaran dan memang setiap tahun berbeda dengan penetapan oleh pemerintah karena perhitungan kita ini terhadap jatuhnya 1 Syawal berbeda,” terang Mahmudi salah satu warga setempat, Rabu, (05/06/2019).
 
Kupasnya, dengan perbedaan pandangan tersebut dia berharap tidak menjadikan intoleransi. Apalagi sesama umat Islam justru sebaliknya menjadikan wahana mempererat silaturahmi.
 
“Kita hanya meminta perbedaan pandangan ini dapat dimaklumi oleh semua pihak baik pemerintah sendiri,” katanya.
 
Kemudian dari penelusuran media secara spesifik Islam Aboge sesuai perhitungan dalam menentukan 1 Syawal memakai rumus Waljiro (Syawal Siji Loro).
 
Rumus Waljiro ini dimaknai sangat berbeda dengan penanggalan lainya yakni penentuan 1 Syawal jatuh pada hari pertama pasaran kedua sehingga tepat pada Jumat Kliwon bukan Kamis Wage satu hari sebelumnya.
 
Mengapa lebaran setiap tahunya lebih maju satu hari dari lainya disebabkan jatuhnya 1 Syuro (Muharam) pada tahun ini jatuh pada Jumat Wage hal itulah yang menjadi patokanya mendasar hari dan pasaran pertama bilamana terjadi di tahun Jimakhir.pr