Beranda aneka Naik Delman Jadi Alternatif Wisata Lebaran Warga Gresik

Naik Delman Jadi Alternatif Wisata Lebaran Warga Gresik

16
0
SIAGAINDONESIA.COM Tradisi naik delman (dokaran), keliling kota menjadi salah satu kegiatan alternatif warga Gresik. Dalam mengisi waktu libur lebaran (Idul Fitri), bersama keluarga. 
 
Hal tersebut, bisa dijumpai di kawasan Alun-alun kota Gresik selalu dipadati oleh puluhan delman. Sejak pagi hingga sore, mulai hari pertama sampai hari ke tujuh lebaran.
 
Saifudin (35) salah seorang tukang delman mengaku setiap tahun dirinya bersama teman seprofesinya. Selalu menawarkan jasa naik delman yang dioprasionalkannya, kepada para pengunjung yang berada di Alun-alun kota Gresik.
 
“Dokaran sudah menjadi tradisi turun temurun masyarakat Gresik, makanya setiap hari raya Idul Fitri saya selalu tawarkan jasa delman saya ini,” katanya kepada Siagaindonesia.com, Jumat (7/6/2019).
 
“Untuk tarif sekali jalan, dengan rute perjalanan dari Alun-alun menuju Wisma Ahmad Yani dan kembali lagi ke Alun-alun atau sejauh kurang lebih 5 Km. Kami, kenakan tarif sebesar Rp 100 ribu,” ujarnya.
 
Di tambahkan Saifudin, setiap delman bisa dinaiki hingga 5 orang atau lebih jika anak-anak. “Yang naik delman, kebanyakan anak-anak bersama orangtuanya. Kadang, mereka anak-anak maupun orang dewasa dari dua keluarga berpatungan untuk bayar tarif,” tuturnya.
 
Saat ditanya penghasilan selama menawarkan jasa naik delmannya itu, masih menurut Syaifudin dirinya bisa meraup keuntungan besar meski pesaingnya banyak.
 
“Dalam sehari, kalau lagi ramai-ramainya saya bisa narik hingga 10 kali. Tapi, itu jika dilakukan sejak pagi sampai sore hari,” pungkasnya. Zer