Beranda aneka Souvenir Limbah Kayu Jati Diminati Pengunjung Pasca Lebaran

Souvenir Limbah Kayu Jati Diminati Pengunjung Pasca Lebaran

38
0

SIAGAINDONESIA.COM – Apabila melintas wilayah Ngawi dalam momen mudik lebaran kali memang belum lengkap kalau belum singgah sejenak melihat dari dekat aneka souvenir limbah kayu jati. Berbagai varian jenis ukiran limbah kayu jati tersebut terpampang di galeri pinggiran jalur Ngawi-Solo tepatnya Desa Banjarejo, Kecamatan Kedunggalar. 

 

Ekayanti salah satu pemilik galeri menyebutkan peluang mengais rupiah pasca lebaran 2019 ini atau 1440 Hijriyah cukup terbuka lebar. Para peminat yang notabene pemudik dari luar kota paling tidak menyempatkan diri berbelanja souvenir aneka pernak-pernik ukiran limbah kayu jati lebih dari dua macam. 

 

“Rata-rata mereka singgah disini memborong aneka souvenir hingga menghabiskan sekitar Rp 500 ribu lebih untuk dibawa ke tempat kerjanya usai liburan di kampung halaman,” terang Ekayanti, Jum’at (07/06/2019).

 

Menurut dia, peningkatan sudah mulai terjadi sejak H+2 lebaran lalu. Seiring dengan puncak arus balik pemudik akhir pekan ini, penjualan kerajinan dari limbah kayu jati di galerinya terus meningkat. Beragam bentuk kerjinan limbah kayu jati dijual di tempat ini. Mulai dari tempat minuman, guci, berbagai bentuk jenis hewan, furnitur, dan bentuk-bentuk lainnya. 

 

Untuk harga jelas Ekayanti, sangat terjangkau, mulai dari Rp 20 ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung dari besar dan kecilnya barang yang diminati. Selain menarik untuk dikoleksi, kerajinan dari limbah kayu jati ini sangat cocok untuk hiasan rumah. 

 

Kerajinan limbah kayu jati hasil produksinya ditanggung awet dan kwalitas ekspor karena bahan dasarnya asli kayu jati. Vivi salah satu pengunjung dari Malang, Jawa Timur, mengatakan, sangat tertarik dengan kerajinan yang terbuat dari kayu, terlebih hasil buah tangan para pengrajin dari Ngawi. (pr)