Beranda Edukasi Tahun Ini, Ada 15 Pelajar di Surabaya Pilih Amerika Serikat Lanjutkan Perguruan...

Tahun Ini, Ada 15 Pelajar di Surabaya Pilih Amerika Serikat Lanjutkan Perguruan Tinggi

54
0
Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya, Mark McGovern Beri Sambutan Dihadapan Para Pelajar Calon Mahasiswa, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Sudah hampir 9000 lebih pelajar Indonesia memilih untuk melanjutkan study di Amerika Serikat, selain dengan alasan universitas bertaraf internasional, juga memiliki fasilitas terbaik di dunia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya, Mark McGovern kepada Siagaindonesia.com, Senin (10/6/2019).

Dalam kesempatan sambutan Mark menjelaskan, sekitar 4700 perguruan tinggi dari berbagai study yang disesuaikan kebutuhan untuk meraih gelar PHD sampai kesempatan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

“Dari Indonesia khususnya Surabaya tahun ini ada 8 siswa SMU berhasil diterima melanjutkan S1 dan 7 orang yang akan melanjutkan pendidikan paska sarjana ke Amerika Serikat,” ucap Mark.

Sementara itu dalam arahan kepada para calon mahasiswa dan orang tua pendamping, Yehezkiel Tumewu selaku Education USA Surabaya Adviser memberikan penjelasan sejumlah poin-poin penting mulai dari logistic, akomodasi, perjalanan, keuangan, visa pelajar, hingga kehidupan akademik dan sosial di Amerika Serikat.

“Ada yang penting diantaranya seperti Culture Shock, dimana masing-masing Individu akan merasakan beberapa tahapan penyesuaian diri. Dimulai dari Honeymoon Fase, Anxiety Fase, Adjustment Fase dan Acceptance Fase. Sedangkan barang yang dibawa ke Amerika Serikat, sebisa mungkin maksimal 23 kilogram. Serta pemilihan tempat tinggal jangan sampai malah membuat siswa tidak betah,” jelas Yehezkiel, pada seminar Pre-Departure Orientation.

Para calon mahasiswa ini juga diberikan pengalaman dari dua orang mahasiswa dari University of North Carolina, Chapel Hill yang sedang magang dibagian humas Konjen AS di Surabaya, Patrick Clifford dalam kegiatan belajar dan kehidupan sosial mahasiswa di Amerika Serikat. Ady/Dm