Beranda Headline Dijerat Pasal UU ITE, JPU Tuntut Vanessa 6 Bulan Penjara

Dijerat Pasal UU ITE, JPU Tuntut Vanessa 6 Bulan Penjara

47
0
Sidang Agenda Tuntutan JPU Dijalani di PN Surabaya, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Dianggap terbukti melanggar Pasal 27 ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik Nomor 19 Tahun 2016, Vanessa Adzania alias Vanessa Angel dituntut 6 bulan penjara.

Surat tuntutan dibacakan langsung oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) RA Dhini Ardhani dari Kejati Jatim pada sidang lanjutan yang berlangsung secara tertutup di ruang Garuda I Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (17/6/2019).

Disebutkan JPU Dhini, dalam perkara ini Vanessa dianggap sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

Vanessa dijerat UU ITE karena kerap mengirimkan foto dan video tak senonoh melalui pesan elektronik di ponselnya kepada muncikari. Kemudian video ini pun tersebar.

Para muncikari menggunakan foto dan video tak senonoh ini untuk menawarkan Vanessa kepada pelanggan prostitusi online.

“Enam bulan tuntutannya,” ujar Abdul Malik, kuasa hukum Vanessa Angel usai sidang, Senin (17/6/2019).

Untuk diketahui, bisnis prostitusi artis ini sendiri terbongkar setelah penggerebekan Vanessa Angel di Hotel Vasa Surabaya, Sabtu (5/1) lalu.

Saat itu, Ia diduga tengah melayani seorang pelanggan melalui perantara para mucikari yang saat ini juga telah ditetapkan sebagai tersangka. Ady