Beranda aneka Kabul, Panitia Desa Harus Netral Jangan Perkeruh Pilkades

Kabul, Panitia Desa Harus Netral Jangan Perkeruh Pilkades

94
0

SIAGAINDONESIA.COM – Kabul Tunggul Sri Winarno Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ngawi berupaya keras pelaksanaan pilkades serentak terhadap 178 desa harus berjalan secara aman dan kondusif. Untuk itu pada tahapan maupun pelaksanaan 29 April 2019 nanti jangan diperkeruh dengan ulah penyelenggara desa (panitia-red).

 

“Suksesnya pilkades diawali dengan kinerja panitia desa selaku penyelenggara harus netral. Jangan memihak pada calon tertentu jika ketahuan jelas akan membuka masalah,” ungkap Kabul, Rabu, (26/06/2019).

 

Ulasnya, panitia desa harus mampu bersikap sesuai kapasitasnya. Mengingat pilkades merupakan satu proses demokrasi langsung untuk menentukan pemimpin desa. Apalagi pilkades serentak kali ini terbesar di Ngawi yang diikuti 454 calon merebutkan 178 kursi kepala desa yang tersebar di 19 kecamatan. 

 

“Pilkades ini jangan dianggap main-main. Semua pihak turut dalam proses pengamanan baik polisi maupun TNI lebih pelaksanaanya dibutuhkan Rp 9,4 miliar,” jelas Kabul.

 

Sekali lagi kupasnya, semua mekanisme dan tata pelaksanaan pilkades harus merujuk pada perundang-undangan baik Perda Nomor 10 Tahun 2017 tentang Kepala Desa dan Perbup Nomor 08 Tahun 2019. Dengan dasar inilah panitia desa jangan sembrono dalam menyelenggarakan pilkades. (pr)