Beranda Headline Hakim Tak Temukan Alasan Pemberat, Vanessa Divonis 5 Bulan Penjara

Hakim Tak Temukan Alasan Pemberat, Vanessa Divonis 5 Bulan Penjara

60
0
Vanessa Adzania alias Vanessa Angel Saat Jalani Sidang Agenda Putusan (Vonis) di Pengadilan Negeri Surabaya, (foto: Ad)

SIAGAINDONESIA.COM Artis mungil film FTV, Vanessa Adzania alias Vanessa Angel divonis oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya dengan hukuman kurungan penjara selama lima bulan.

Pada amar putusan hakim yang diketuai oleh Dwi Purwadi ini menyatakan, Vanessa dinyatakan terbukti bersalah telah mendistribusikan dokumen elektronik yang bernuansa konten asusila.

“Mengadili, menjatuhkan putusan lima bulan penjara kepada terdakwa Vanessa Angel dikurangi selama menjalani penahanan,” bunyi surat amar putusan dibacakan Hakim Dwi Purwadi di ruang sidang Cakra PN Surabaya, Rabu (26/6/2019).

Pada kasus ini, majelis hakim tidak menemukan alasan pemberat, sedangkan hal yang meringankan dikarenakan Vanessa Angel berlaku sopan selama persidangan.

“Terdakwa juga berterus terang dan menjadi tulang punggung keluarga,” terangnya.

Diungkapkan hakim Purwadi, Kasus Vanessa Angel ini bermula dari chatingannya ke whatsapp milik mucikari Endang Suhartini alias Siska dan mengirim foto-foto yang meminta pekerjaan dicarikan laki-laki yang mau memakai jasa layanan seksnya dengan tarif Rp 35 juta diluar akomodasi dan penginapan.

Selain itu, Vanessa Angel juga telah mengirim foto foto berkonten asusila kepada mucikari Tentri. Hal itu terungkap saat Polda Jatim menangkap Vanessa Angel dan mucikarinya di Hotel Vasa pada 5 Januari 2019 lalu.

“Terdakwa Vanessa Angel terbukti mendistribusikan dokumen elektronik yang bernuansa konten asusila,” kata hakim Dwi Purwadi saat membacakan pertimbangan hukumnya.

Setelah mendengar vonis dari majelis hakim dan konsultasi kepada tim kuasa hukumnya, Vanessa lantas menerima keputusan tersebut. “Saya terima,” singkat Vanessa Angel sesekali mengusap air matanya, (26/6).

Sementara, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Novan Arianto belum menerima vonis tersebut, kendati hukuman yang dijatuhkan ke Vanessa Angel beda 30 hari dari tuntutannya.

“Kami pikir pikir majelis,” ucap Novan Arianto dalam persidangan.

Tak kuasa dengan tangisan Vanessa Angel, sejumlah tim penasehat hukumnya terlihat memeluk tubuh artis FTV tersebut.

“Dia sebenarnya kecewa tapi akhirnya menerima putusan hakim,” ujar Milano Lubis selaku ketua tim penasehat hukum Vanessa Angel usai sidang.

Untuk diketahui, Vonis mejelis hakim ini lebih rendah dari tuntutan Kejati Jatim yang sebelumnya menuntut Vanessa Angel dengan hukuman 6 bulan penjara. Perbuatan Vanessa Angel dianggap bertentangan dengan Pasal 27 ayat (1) UU ITE.

Dengan vonis 5 bulan tersebut, Vanessa Angel dipastikan akan menghirup udara bebas dalam 5 hari ke depan.

Dokumen yang dimaksud majelis hakim adalah chatingan dan foto foto yang dikirim Vanessa Angel ke para mucikari, dengan maksud meminta pekerjaan untuk dicarikan laki-laki yang mau memakai jasa layanan seksnya atau biasa disebut booking order (BO).

Peristiwa ini terungkap setelah Polisi menangkap Vanessa Angel dan para mucikarinya di Hotel Vasa Surabaya pada 5 Desember 2019. Saat itu, Vanessa Angel sedang melayani laki laki hidung belang bernama Rian Subroto. Ady