Beranda budaya Pesona Sumirating Cahya Budaya Bumi Wengker Kabupaten Ponorogo

Pesona Sumirating Cahya Budaya Bumi Wengker Kabupaten Ponorogo

11
0

SIAGAINDONESIA.COM Kabupaten Ponorogo tampil memukau dalam Pekan Budaya Provinsi Jawa Timur bertajuk Sumirating Cahya Budaya Bumi Wengker di UPT Taman Budaya, Jalan Gentengkali, Surabaya, Jumat (28/6/2019) malam.

Aneka kesenian dan produk unggulan dipamerkan selama dua hari berturut-turut. Acara dibuka dengan tarian khas daerah dan sambutan dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Jatim, Sinarto.

Dilihat dari kawasan strategis, Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu kota budaya di Jatim dengan kebudayaan unik seperti Reyog yang telah mendunia.

Selain itu, banyak potensi wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Seperti misalnya Telaga Ngebel, Air Terjun Pletuk, Air Terjun Sunggah, Coban Lawe, Gunung Beruk, Tubing Mendak, Mloko Sewu sebagai sunset view point berlatar pesona Telaga Ngebel, hingga wisata budaya seperti Astana Srandil, Makam Bathoro Katong, Kirab Pusaka, Larungan dan wisata religi Pondok Gontor maupun Masjid Tegalsari peninggalan Kyai Ageng Mohammad Besari seorang ulama besar keturunan Nabi Muhammad dan Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Ponorogo pada abad ke-17.

Beragam destinasi wisata tersebut tidak terlepas dari campur tangan pemerintah daerah, swasta, masyarakat, pelaku serta penggiat pariwisata.

Kadisbudpar Jatim, Sinarto, menuturkan jika Pemprov Jatim turut andil mendukung perkembangan Kabupaten Ponorogo sebagai Selingkar Wilis yang masuk dalam KSSP (Kawasaan Strategis Pariwisata Provinsi).

“Ponorogo juga dikenal memiliki banyak produk unggulan, oleh karena itu kita akan
akan dekati dengan strategi kepariwisataan yang baik,” terang Sinarto.

Dalam kesempatan yang sama, Lilik Slamet Rahardjo, Kadisbudpar Kabupaten Ponorogo, menjelaskan jika prioritas pengembangan pariwisata dan bergeraknya investasi akan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Pihaknya berharap agar Ponorogo mudah dikenal masyarakat dengan kehadiran wisatawan.

Terlebih Kabuaten Ponorogo telah menyiapkan sederet agenda pada tahun ini. Antara lain mendapat kesempatan sebagai tuan rumah dalam Festival Bocah se-Jatim, Festival Topeng Internasional yang diikuti oleh perwakilan berbagai Negara pada 26-28 Juli mendatang, Grebeg Suro, Festival Reyog Mini mini bekerjasama dengan platform Indonesiana Dirjen Kemendikbud, serta kunjungan Sultan Hamengkubuwono X.Pak_Dik