Beranda aneka Diskoperindag UKM Gresik Bantah Jual Stan Pasar Non Prosedural

Diskoperindag UKM Gresik Bantah Jual Stan Pasar Non Prosedural

5
0
SIAGAINDONESIA.COM Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM (Diskoperindag) Kabupaten Gresik, Agus Budiono menampik dugaan praktek menjual stan di Pasar Inpres atau Pasar Baru Kota Gresik non prosedural (ilegal).
 
Mencuatnya persoalan itu, saat pihak Komisi I DPRD Gresik menerima laporan masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tersebut. 
 
“Tidak benar, kalau kami melakukan penjualan stan di Pasar Inpres maupun Pasar Baru dilakukan secara ilegal. Karena, penjualan stan itu telah diatur dalam peraturan daerah (Perda),” ujarnya kepada Siagaindonesia.com, Selasa (2/7/2019).
 
“Tidak mungkinlah kita berani menabrak Perda, yang jelas penjualan semua stan sudah sesuai mekanisme yang diatur oleh perda,” tegasnya.
 
Di tambahkan Agus, pihaknya juga membantah jika menahan surat izin menempati (SIM) milik para pedagang yang telah lunas. “Tak ada SIM pedagang yang ditahan, sebab saat ini SIM masih dalam proses di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP),” tuturnya.
 
“Kalau SIM, kami berikan sebelum proses di perizinan selasai dan pedagang sudah lunas memenuhi kewajibannya. Kalau tidak begitu, nanti bisa menimbulkan masalah,” tukasnya.
 
“Jadi kami tidak menahan, tapi masih harus melengkapi proseduralnya dulu untuk menyerahkan SIM. Sebab, dari 700 pedagang yang sudah mengajukan SIM hanya 62 pedagang dan itupun masih dalam proses,” tandasnya.
 
“Kalau ada stan yang dianggap ilegal itu, karena status pedagangnya yang tidak jelas atau beralih tangan dari pihak penerima awal. Untuk masalah ini pun,  kami telah melayangkan teguran hingga 2 kali kepada yang bersangkutan. Kalau 3 kali ditegur, tak digubris ya kami akan eksekusi dengan minta bantuan Dispol PP,” pungkasnya.
 
Terkait rencana pemanggilan hearing, yang akan dilakukan Komisi I DPRD Gresik terhadap pihaknya. Dirinya mengaku siap untuk membeberkan semua, agar persoalannya clear. “Kami siap dihearing, untuk menjelaskan persoalan yang sebenarnya,” tutupnya. Zer