Beranda aneka Ketua Dewan Peringatkan Kades Baru Belajar Penggunaan Anggaran Desa

Ketua Dewan Peringatkan Kades Baru Belajar Penggunaan Anggaran Desa

258
0

SIAGAINDONESIA.COM – Ketua DPRD Kabupaten Ngawi Dwi Rianto Jatmiko Kepala mewanti-wanti para kepala desa (kades) untuk tidak bermain-main dalam penggunaan alokasi dana desa (ADD) maupun dana desa (DD). Segala macam bentuk penyelewengan, kata Antok demikian sapaan akrabnya, akan ditindak tegas. 

 

“Selama ini upaya preventif lebih diutamakan. Tapi untuk selanjutnya penindakan pasti dilakukan dan ini peringatan bagi kepala desa yang baru maupun incumbent,” tegas Antok, Kamis, (04/07/2019).

 

Antok lantas menjabarkan beberapa hal penggunaan ADD atau DD yang berpotensi rawan penyelewengan. Di antaranya, membuat rancangan anggaran di atas harga pasar, pembuatan perjalanan dinas fiktif kepala desa dan jajaran, hingga sengaja menggelembungkan pembayaran honorarium perangkat desa. 

 

“lJadi mulai sekarang semua harus cermat dan semua harus tepat sasaran jangan sampai terjadi masalah hukum terhadap penggunaan anggaran yang masuk ke desa,” pinta Antok.

 

Pengalokasian ADD dan DD harus diperhitungkan dengan baik. Harus dilihat seberapa banyak yang bisa dilaksanakan. Berapa pula yang tidak bisa dilaksanakan. Sikap kehati-hatian dalam perencanaan dan penggunaan anggaran menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan keuangan desa. Dengan begitu realisasi anggaran bisa tepat sasaran.

 

“Jika muncul masalah, kami membuka pintu lebar bagi kepala desa untuk konsultasi dengan pihak yang berkompeten. Agar semua bisa diantisipasi lebih awal,” ucapnya.

 

Ketegasan Antok ini merujuk dari hasil pelaksanaan pilkades serentak terhadap 178 desa di Kabupaten Ngawi yang digelar 29 Juni 2019 kemarin. Dari hasilnya hampir 80 persen merupakan wajah baru yang duduk dikursi kades. Peringatan tersebut juga berlaku kepada kades incumbent untuk lebih tertib menggunakan anggaran desa. (pr)