Beranda News Biayai Pilkada 2020, KPU Gresik Ajukan Anggaran Rp 45 Miliar

Biayai Pilkada 2020, KPU Gresik Ajukan Anggaran Rp 45 Miliar

15
0

SIAGAINDONESIA.COM Anggaran sebesar Rp 45 miliar, diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik ke Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Anggaran (Timang) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Untuk persiapan kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 yang akan dilaksanakan secara serentak oleh Kabupaten/Kota se Indonesia.

“Anggaran Rp 45 miliar itu, kami persiapkan untuk penyelenggaraan Pemilihan Bupati (Pilbup) Gresik 2020,” kata Ketua KPU Gresik Ahmad Roni kepada Siagaindonesia.com, Rabu (10/7/2019).

“Anggaran yang kami ajukan ini, merupakan pagu awal yang belum bisa dipastikan persetujuannya oleh DPRD. Sebab, nanti akan dievaluasi oleh masing-masing tim di legislatif maupun eksekutif,” ujarnya.

“Besarnya anggaran itu, disesuaikan dengan kebutuhan untuk pelaksanaan. Mulai biaya untuk kesekretariatan, biaya pengadaan surat suara, tinta, alat coblos, sosialisasi, publikasi, honor petugas di tingkat KPU, PPK, KPPS, hingga PPS. Serta, untuk sejumlah kegiatan lainnya yang dianggap perlu untuk dilakukan,”  tegasnya.

Lebih lanju menurut Roni, anggaran yang diajukan itu tidak menutup kemungkinan diitem-item tertentu akan dilakukan pengeprasan. Sehingga, besaran anggaran bisa berkurang dari yang diajukannya. 

“Di setujui atau tidaknya besaran anggaran yang kami ajukan itu, nantinya tergantung legislatif. Namun, kami telah mengkomunikasinya secara intensif,” ungkapnya.

“Perlu diketahui bahwa anggaran sebesar Rp 45 miliar itu, hanya untuk pembiayaan satu putaran saja. Sehingga, kalau nanti ada Pilbup harus dilaksanakan dua putaran maka kami (KPU) akan kembali mengajukan anggaran tambahan,” timpal Komisioner KPU Gresik Makmun.

“Agar anggaran yang kami ajukan itu disetujui, kami juga intensif melakukan komunikasi bersama timang Pemkab Gresik. Dengan mengusulkan anggaran Pilbup 2020, kalau bisa dialokasikan dari pos dana hibah,” pungkasnya.

Untuk diketahui pelaksanaan Pilbup tahun 2010, yang berlangsung dua putaran. KPU Gresik, pada putaran pertama menghabiskan anggaran sebesar Rp 23 miliar. Sedangkan, pada putaran kedua menghabiskan anggaran Rp 18,5 miliar. Zer