Beranda News Deteksi Dini Jelang Pilkades Serentak Bakesbangpol Kumpulkan Perangkat Desa

Deteksi Dini Jelang Pilkades Serentak Bakesbangpol Kumpulkan Perangkat Desa

15
0

SIAGAINDONESIA – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 12 desa 8 kecamatan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo, mengumpulkan para Pj Kades serta perangkat dan BPD, Jum’at (12/7) siang di aula koperasi Prastiwi Kecamatan Dringu.

Ke-12 desa yang dikumpulkan itu diantaranya Desa Clarak Kecamatan Leces, Desa Boto Kecamatan Lumbang, Desa Bulu dan Rondokuning Kecamatan Kraksaan, Desa Brumbungan Kidul Kecamatan Maron, Desa Tarokan Kecamatan Banyuanyar, Desa Kedawung Kecamatan Kuripan, Desa Matekan, Desa Krampilan dan Desa Kecik Kecamatan Besuk serta Desa Jabung Sisir dan Petunjungan Kecamatan Paiton.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto menyatakan, mereka sengaja di kumpulkan agar mampu menjaga kekondusifan desanya pada saat menjalang Pilkades.

“Di desa-desa yang akan melakukan Pilkades, sudah beredar isu-isu miring dari para pendukung. Sehingga, kita (Bakesbangpol) mengumpulkan para PJ Kades beserta perangkatnya dan BPD agar meminimalisir gejolak – gejolak yang ada di desa,”jelas Ugas

Isu-isu yang berkembang di desa pada saat ini kata camat terbaik se Jawa Timur ini, masalah Ijazah palsu milik Calon Kades. Selain itu Netralitas Panitia dan Money Politik yang sulit dihindarkan.

“Isu-isu tentang Ijazah Palsu, Netralitas Panitia dan Money Politik sempat menjadi bahan pembahasan. Apalagi Calon lebih dari 5, sehingga ada seleksi administrasi. Untuk money Politik ini yang sulit dihindarkan,”katanya.

Sehingga, dengan adanya isu yang berkembang. Para Pj Kades dan perangkat desa harus bisa menekankan rasa aman dan kondusif agar tidak terjadi bentrok antar warga di desa.

“Nah, Deteksi dini sangat di perlukan dalam permasalahan menjelang Pilkades Serentak di 12 desa ini. Sehingga, para PJ Kades dan Perangkatnya mampu memberikan kekondusifan,”pungkasnya. []